Link


ShoutMix chat widget

Kapolri Sosialisasikan Prosedur Penanganan Kekerasan

Liputan6.com, Jakarta: Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengumpulkan seluruh kepala kepolisian daerah (kapolda) se-Indonesia. Dalam pertemuan di Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Jumat (8/10) malam, Kapolri memberikan arahan dan mensosialisasikan prosedur tetap (protap) dalam rangka menghadapi tindakan anarkis yang marak terjadi belakangan ini [baca: Kapolri Kumpulkan Kapolda se-Indonesia].

"Ada kelompok maupun perorangan membawa senjata tajam melakukan tindakan kekerasan perlu dilakukan tindakan tegas terukur, sehingga kita rumuskan Protap Nomor 1 Bulan Oktober Tahun 2010 tentang Penanganan Tindak Anarkis. Mengenai protap tadi sudah diatur tahapan-tahapan yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan," ujar Kapolri.

Tentunya, menurut Bambang Hendarso, tidak ada lagi warga yang membuat orang takut, cemas, keamanan orang lain terganggu, bahkan nyawa orang lain sekalipun karena tindakan brutal. "Oleh karena itu, harus ada kepastian hukum yang menjamin bahwa Polri punya satu protap yang terukur, bisa dijadikan pedoman para kapolda malam ini, direktur intelijen, reserse, kapolsek, kapolres dan jajaran polri," tegasnya.

Kapolri menjelaskan, sebelum protap ini disahkan dan dikeluarkan, sudah dilakukan adanya pertimbangan dan masukan dari masyarakat dan pihak terkait lainnya. "Protap ini sudah dibahas bersama dengan Kontras (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Komnas HAM (Komisi Nasional Hak Asasi Manusia), Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional)."

Kendati demikian, Kapolri berharap tidak terjadi lagi tindakan anarkis yang belakangan marak terjadi di masyarakat. "Kalau mereka lakukan, kita sudah punya konsep untuk tindakan yang tegas," ucap Bambang Hendarso.(ANS)

Sat, 9 Oct 2010 @05:14


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+6+2

Copyright © 2017 agoestry_902@yahoo.com · All Rights Reserved