Link


ShoutMix chat widget

Kasus Gayus Masuk Penyelidikan KPK


KPK menilai kasus Gayus mesti dilihat dari dua aspek.
Selasa, 25 Januari 2011, 20:53 WIB
Ita Lismawati F. Malau, Mohammad Adam
Gayus Tambunan (kaskus.us)

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas mengatakan kasus Gayus Tambunan sudah masuk tahap penyelidikan. Pimpinan KPK berupaya sedapat mungkin menyelesaikan kasus-kasus ini tahun 2011.

"Rapat pimpinan sudah mengambil keputusan," kata Busyro kepada wartawan, Selasa 25 Januari 2011.

Busyo menambahkan KPK di bawah pimpinannya ingin merampungkan kasus-kasus lama dan yang baru seperti kasus Gayus. "Semakin cepat kami tangani itu, akan membebaskan kami dan institusi ini dari beban yang tidak perlu," kata Busyro.

Mudah-mudahan, sambungnya, kasus-kasus yang ditangani di periodenya tidak sampai membebani kepemimpinan KPK periode berikutnya. "Untuk apa sengaja menunda-nunda ini. Malah beban berat bagi kami," jelas Busyro.

Wakil Ketua KPK bidang Penindakan Bibit Samad Rianto menambahkan, kasus Gayus mesti dilihat dari dua aspek. Pertama, kasusnya sendiri, yakni Gayus dan teman-temannya secara struktural menerima suap dari perusahaan pengemplang pajak. Kedua, mengapa Gayus sampai bisa melakukan semua itu.

Oleh karena itu, menurut dia, penanganan kasus tersebut mesti menyeluruh hingga pembenahan sistem. "Jadi sistemnya yang bolong. Tanpa mendandani sistem ini maka juga akan terjadi lagi mungkin Gayus dua, Gayus tiga, Gayus empat dan seterusnya," kata Bibit.

Dia juga menilai dukungan koalisi lembaga dan tokoh masyarakat akan menambah tekad KPK untuk menuntaskan kasus ini secepat mungkin. "Artinya lebih mempercepat karena waktu kami tinggal sebelas bulan," kata Bibit. (hs)

• VIVAnews

Tue, 25 Jan 2011 @21:26


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+5+2

Copyright © 2017 agoestry_902@yahoo.com · All Rights Reserved